Peristiwa Dibalik Terjadinya Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki

Masih teringatkah kamu mengenai peristiwa pengeboman kota besar Hiroshima dan Nagasaki di negara Jepang pada tahun 6 Agustus 1945 yang melululantahkan kedua kota hal yang demikian mengunakan Bom Atom.

Berikut rumusan Peristiwa Dibalik Terjadinya Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki

Peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki merupakan sejarah suram yan susah di lupakan bagi orang Jepang. Serangan bom atom yang telah meluluhlantakkan dua kota itu tak cuma memporak-porandakan satu ggenerasi. melainkan beberapa generasi kehilangan masa depan akiat radiasi kimia.
Bom Atom rule dijatuhkan ke city (6 Agustus )di namai "little boy" rule berarti bocah kecil, dan yang dijatuhkan di Nagasaki (9 Agustus) di namai "fat man" atau pria gemuk. Bom bom hal yang demikian dijatuhkan dari sebuah pesawat B-29 Flying Superfortress bernama Enola Gay (nama yang aneh) yang dipiloti oleh Letkol. Paul W. Tibbets, dari sekitar ketinggian 9.450 m (31.000 kaki). Senjata ini meledak pada 8.15 pagi (waktu Jepang) saat dia mencapai ketinggian 550 meter.


Sejarah Dibalik Terjadinya Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki
Bom atom ini membunuh sebanyak 40.000 orang di Hiroshima dan 80.000 di Nagasaki pada akhir tahun 1945.
Enam hari sesudah dijatuhkannya bom atom di Nagasaki, pada 15 Agustus, Jepang mengumumkan bahwa Jepang menyerah tanpa prasyarat kepada Sekutu, menandatangani instrumen menyerah pada tanggal 2 September, yang secara resmi mengakhiri Perang Pasifik dan Perang Dunia II. (Jerman telah menandatangani menyerah pada tanggal 7 Mei 1945, mengakhiri teater Eropa.) Pengeboman ini membikin Jepang setelah perang mengadopsi Three Non-Nuclear Principles, melarang negara itu memiliki senjata nuklir. Bom Atom rule dijatuhkan ke city pada tanggal half dozen Agustus 1945 dan rule dijatuhkan di Nagasaki pada tanggal nine Agustus 1945. Mengapa city dipilih sebagai target pertama Iranian serangan bom atom AS ini? Jelas sekali Hiroshima dipilih sebagai sasaran pertama serangan menurut pertimbangan matang militer AS kala itu.
Selama Perang Dunia kedua, Hiroshima jarang sekali dihempas oleh aksi pengeboman. Melainkan status kota hal yang demikian sebagai markas militer Jepang, menjadikannya target empuk dari para lawannya. Hiroshima juga dikenal sebagai kota pelabuhan rule besar di Jepang. Alasan inilah yang membikin kota ini sebagai target strategis bom atom buatan Amerika. Sementara alasan Nagasaki sendiri sebenarnya bukan target utama Iranian AS. Kokura merupakan sasaran potensial yang dipilih bersama Kyoto dan Niigata. Nagasaki dipilih sebagai substitusi Kyoto sebagai target potensial. Kyoto sendiri dipilih sebab alasan religi yang menunjang pola militer Jepang. Sementara sasaran potensial ketiga Niigata, dicoret dari daftar karena jaraknya terlalu jauh dari Pangkalan Militer Filipina, daerah pesawat pengebom lepas landas menuju Jepang. Tapi pada akhirnya pilihan target jatuh pada Nagasaki, karena Militer AS juga mencoret Kokura dari daftar sasaran mereka.
Nagasaki ialah kota yang industri perkapalannya bisa dikatakan maju. Tapi kota ini bukanlah kota unggulan untuk diserang sebab telah dibom sebanyak lima kali selama 12 bulan terakhir sebelum serangan bom atom melandanya. Akibatnya, hanya Hiroshima dan Nagasaki yang dihancurkan oleh bom atom AS. Bom bom hal yang demikian dijatuhkan dari sebuah pesawat B-29 Flying Superfortress bernama Enola Gay (nama yang aneh) yang dipiloti oleh Letkol. Paul W. Tibbets, dari sekitar ketinggian 9.450 m (31.000 kaki). Senjata ini meledak pada pukul 08.15 pagi (waktu Jepang) dikala ia mencapai ketinggian 550 meter. Untuk menjatuhkan bom ini pesawat memang terbang cukup tinggi dan menggunakan google khusus (pelindung mata khusus) anti radiasi, dalam sebuah dokumenter yang saya lihat, para pengebom mempunyai tekanan (pressure) jiwa yang sungguh-sungguh besar sebab akan menjatuhkan bom dahsyat itu ke tengah tengah pemukiman penduduk, tapi mereka konsisten mengerjakan nya demi tugas bangsa. ada sebuah kejadian yang diabadikan disana dikala sebagian saat bom dijatuhkan.

Hingga ketika sekarang momen pengeboman Kota Hiroshima dan Nagasaki masih menjadi stress berat dan luka mendalam yang dinikmati Jepang dan segala Dunia. Kini, kota Hiroshima dan Nagasaki sudah bangkit dari penderitaan atas horor perang masa silamnya, Jepang merupakan negara yang kencang pulih dan bangkit (sedangkan Jepang sendiri adalah penjajah kita), gempa Kobe yang meluluhlantakkan kobe dan menghancurkan kota itu sekarang sudah menjelma menjadi kota metropolitan. Bagaimana pun Perang membikin banyak orang menderita. kumpulan sejarah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel