manusia hidup dalam ruang dan waktu | Materi Sejarah Minat X KD 3.1


Halo salam Jasmerah...
kali ini saya akan menyajikan materi untuk KD 3.1 yakni tentang manusia hidup dalam ruang dan waktu, materi ini masih dalam ruang lingkup Manusia dan sejarah

Manusia hidup dan berkreativitas dalam ruang dan waktu 
berbicara soal  manusia hidup dalam  ruang dan waktu perlu diketahui bahwa manusia adalah pelaku sejarah atau dapat dikatakan manusia adalah objek dalam menciptakan sejarah dan ruang atau spasial adalah tempat dimana manusia melakukan segala bentuk aktivitasnya dalam menciptakan sejarah, tanpa ruang maka manusia tidak dapat menciptakan sejarah sedangkan waktu atau biasa disebut temporal yang merupakan sebuah unsur yang menentukan, menandai dan membatasi kehidupan manusia itu sendiri, waktu juga bersifat continuitas artinya bahwa waktu itu terus berjalan kedepan.

Dalam ilmu sejarah, manusia dalam kegiatan dengan masyarakat atau bangsanya merupakan kajian  utama. Sejarah membahas aktivitas manusia pada masa lalu. Namun, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, bukan berarti sejarah membahas aktivitas manusia secara keseluruhan. Kisah manusia tersebut berkaitan dengan kehidupan manusia yang berkreasi dalam menghadapi kehidupannya.
Kisah manusia tersebut dibatasi oleh waktu dan ruang, serta tempat manusia itu berada. Dari sudut pandang waktu kreativitas manusia pada masa lampau berbeda dengan kreativitas manusia pada masa kini. Demikian halnya dengan ruang. Pemahaman tentang ruang dan waktu diperlukan untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara kronologis. Dalam hal kreativitas manusia pada masa lampau misalnya bagaimana manusia pada zaman batu makan, minum, berpakaian serta melakukan perjalanan menjadi pengalaman yang  diwariskan bagi masa-masa sesudahnya. 
Sebagai contoh adalah: bagaimana  kreativitas manusia untuk melakukan perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain. Pada awalnya manusia menggunakan tenaganya sendiri dengan berjalan kaki. Lalu mereka memanfaatkan tenaga hewan, misalnya kuda untuk melakukan perjalanan. Seiring perjalanan waktu dan perkembangan teknologi sebagai hasil kreativitas manusia, mereka menggunakan sarana perahu di air dengan bantuan angin untuk melakukan perjalanan.
Kreativitas lainnya adalah penemuan roda yang pada awalnya digunakan untuk memindahkan barang. Mereka lalu menggunakan tenaga hewan sebagai penariknya. Selanjutnya, mereka menemukan suatu alat yang mengubah air menjadi uap untuk dijadikan tenaga penggerak (motor). Demikian seterusnya hingga  mereka menemukan tenaga penggerak lain berupa bahan bakar minyak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel