PERADABAN KUNO EROPA DAN AMERIKA

Capture

Halo salam Jasmerah...jumpah lagi di postingan duniasejarah25 kali ini saya akan menyajikan materi yakni tentang Peradaban Kuno Eropa Dan Amerika langsung saja silakan dicermati materi yang di sajikan dibawah ini kalau ada yang kurang silahkan coment dibawah...

1. PERADABAN PULAU KRETA
2. PERADABAN YUNANI
3. PERADABAN ROMAWI
B. PERADABAN KUNO AMERIKA TERDIRI DARI :
1. KERAJAAN INKA DI PERU
2. KERAJAAN MAYA DAN AZTEK

1.1 PERADABAN PULAU KRETA

v Letak geografis : pulau kreta terletak di daerah perairan laut tengah bagian timur yang sangat strategis dan merupakan daerah penghubung antara daerah-daerah pusat perdagangan di pulau sicilia Mesir pantai Levant Bizantim dan Yunani
v . Sumber-sumber berita tentang sejarah kerajaan pulau Kreta yaitu :
1. Syair-syair pujangga Homerus terutama dalam kitab Illyas dan Odyssea
2. Cerita-cerita rakyat di Yunani yang lebih bersifat mitologi
3. Hasil –hasil penggalian arkeologi yang menemukan sisa-sisa bangunan kota kuno seperti knossos
v . Kehidupan ekonominya :berdagang dan berlayar di laut tengah
v . Tata kotanya : pada umumnya bangunan gedung di pulau Kreta terbuat dari bata dan ada yang bertingkat.Ibu kota kerajaan dan istana Knossos dibuat dalam Labyrint ( rumah siput) sebagai upaya untuk menjamin keamanan istana.
v . Teknologinya sudah sangat maju karena mereka sudah mampu mengecor dan menempa besi
v . Aksara yang digunakan adalah tulisan Minos yang diambil dari nama seorang raja yang terkenal.Tulisan ini sampai sekarang belum bisa terbaca sehingga peradaban pulau kreta belum bisa terungkap dengan jelas.
v . Kepercayaannya bersifat polytheisme dan memuja kekuatan-kekuatan alam.dewa yang disembah berfungsi sebagai pelindung dan pemberi berkat bukan pencipta malapetaka
v . Pemerinatahannya berbentuk kerajaan
v . Sebab-sebab runtuhnya kerajaan pulau Kreta :
Ø Mundurnya perdagangan
Ø Lepasnya daerah koloni,
Ø Bencana alam
Ø Adanya invansi dan gelombang penyerbuan dari bangsa-bangsa Indo-German .

1.2 PERADABAN YUNANI

Merupakan salah satu peradaban tertua di Eropa.Tingginya tingkat peradaban Yunani dipengaruhi oleh keadaan alam, penduduk dan sebagainya.
v . Keadaan alam dan letak geografis
Daerah Yunani terletak di ujung tenggara benua Eropa,sebagian besar wilayahnya bergunung gunung dan tidak subur hal ini yang mendorong bangsa Yunani meninggalkan daerahnya untuk mencari daerah-daerah yang subur diluar Yunani.Pada umumnya mereka yang pindah adalah petani (colonus) yang disebabkan oleh kemarau panjang,musim paceklik dan berjangkitnya wabah penyakit yang kemudian mendirikan koloni di negara lain tetapi tetap memelihara hubungannya dengan Yunani sebagai negara asal ( motherland).
Daerah Yunani sebelah utara berbatasan dengan Albania,Yugoslavia,Bulgaria dan Turki sebelah selatan dengan laut tengah,Barat dengan laut Ionia dan Timur dengan laut Aegea
v . Penduduk : merupakan percampuran darah antara penduduk asli dan bangsa pendatang yang termasuk rumpun bangsa indo german yang dikenal dengan nama Hellas yang terdiri atas suku bangsa :
· Doria yang menetap di jazirah peloponesos dengan polis utamanya Sparta
· Ionia yang menetap di jazirah Attica dengan polis utamanya Athena
· Aeolia yang menetap di Yunani utara dengan polis utamanya Delphi . Diantara ke 3 bangsa tersebut sering terjadi peperangan karena masing-masing ingin menjadi yang terkemuka khususnya bangsa Ionia dan Doria.Namun mereka menyadari bahwa mereka memiliki Persamaan. Persamaan dari ketiga bangsa tersebut adalah :
· Berasal dari satu nenek moyang
· Bidang keagamaan (sama-sama memuja Dewa Zeus ), upacara penghormatan kepada dewa Zeus dilakukan setiap empat tahun sekali di bukit Olympus dengan cara melakukan perlombaan atletik dimana setiap polis mengirimkan atletnya untuk mengikuti perlombaan tersebut dan atlet yang menang akan diberi hadiah berupa kalungan bunga saja nanti setelah kembali ke polis masing-masing baru mereka akan disambut dengan pesta yang meriah dan mereka akan diberikan hadiah berupa emas dalam kantong .Pada saat pelaksanaan upacara penghormatan kepada dewa Zeus ini merupakan saat perdamaian bagi seluruh polis yang ada di Yunani.
· Bahasa dan adat istiadat yang sama.
Negara pertama yang berkembang di wilayah daratan Yunani adalah kota pusat perdagangan di Mycenae yang merupakan salah satu daerah koloni kerajaan Kreta. Sesudah Knossos runtuh Mycenae mencapai kejayaan menggantikan peranan kerajaan Kreta di perairan Laut Tengah.Pada tahun 1878 M ditemukan hasil-hasil penggalian purbakala antara lain :
· Bekas bangunan kota kuno Troya di Asiakecil yang banyak disebut oleh pujangga Homerus dalam buku Illyas dan Odessea
· Makam raja Agamemnon,seorang raja yang disebut pula dalam cerita Illyas
· Harta benda Primus,raja Troya yang terbuat dari emas dan permata.Yang memiliki banyak persamaan dengan kebudayaan Knossos di pulau Kreta.Sebab kebudayaan Mycenae merupakan lanjutan dari kebudayaan Kreta.
v Seni bangunan / seni pahat
Pada masa kejayaan Yunani banyak dibangun kuil dengan gaya Doria antara lain :
· Acropolis berarti kota tinggi,sebab letaknya di daerah perbukitan.Dibagian inti Acropolis terdapat dua kuil yaitu kuil Erecteum tempat patung Dewi athena dengan lampu yang terus menyala,serta kuil Parthenon yang dibangun untuk menghormati dewi Athena
· Kuil Dewa Zeus,dibukit Olympus.Bangunannya disebut Altis yakni sebagai tempat pemujaan Dewa Zeus.
· Epidaurus ,merupakan gedung teater yang terdapat lima belas ribu tempat duduk untuk para penonton
v Ilmu pengetahuan dan teknologi
Bangsa Yunani telah memiliki berbagai macam pengetahuan dan teknologi yang tinggi seperti :
· Menciptakan perahu layar
· Membuat barang-barang dari tanah liat
· Mampu menghasilkan karya arsitektur
· Mengembangkan industri untuk menunjang perdagangan
· Mennghasilkan benda-benda logam untuk menyediakan alat-alat perang
v Pemerintahan dan hukum
Yunani tidak pernah memiliki sistem pemerintahan sentralisasi karena tiap-tiap polis mengembangkan sistem pemerintahan masing-masing,hal ini juga disebabkan karena Yunani dikelilingi oleh gunung-gunung dan lembah-lembah yang menyebabkan begitu banyak negara kota (Polis).Polis yang terkenal adalah polis Sparta dan Athena yang selalu berperang untuk berkuasa sehingga sistem pemerintahan dan hukum di Yunani kita lihat pada dua polis tersebut.
Ø Polis sparta
· Digariskan oleh Lycurgus.
· Sparta merupakan negara aristokrasi militer,pemerintahan dijalankan oleh dua orang raja secara turun temurun dengan kekuasaan tak terbatas.Raja menjabat sebagai kepala angkatan perang dan kepala agama.Dibawah raja ada Ephor yang terdiri dari 5 orang disamping itu terdapat gereousia yaitu suatu lembaga yang beranggotakan hanya 28 orang yang berusia 60 tahun yang bertugas mempersiapkan undang-undang yang diajukan kepada dewan perwakilan rakyat dan juga memiliki hak veto terhadap undang-undang yang diajukan oleh DPR ( anggota DPR adalah semua laki-laki warga kota Sparta yang berusia 30 tahun ) yang bersidang setiap bulan purnama .Jadi dapat dikatakan Sparta merupakan dunia laki-laki.Dengan adanya hak veto maka sistem demokrasi di Sparta tidak dapat berkembang.
Sistem pemerintahan di sparta adalah militeristik sehingga setiap anak laki-laki yang baru lahir menjalani pemeriksaan fisik di depan Ephor,sehingga bayi yang cacat atau tidak sehat dibuang di gunung-gunung/gua-gua dan dibiarkan mati atau agar dipungut oleh orang-orang helot sebab Cita-cita Sparta adalah perang sehingga :
· Setiap anak laki-laki yang berusia 7 tahun harus dilepas oleh keluarganya dan tinggal di kamp-kamp militer agar dididik sebagai tentara yang tangguh
· Rakyat wajib melayani negara (perhatiannya pada tugas-tugas pemerintahan dan pertahanan negara )
· Rakyat diajarkan untuk hidup sederhana dan tidak boleh menyimpan kekayaan
Ø Polis Athena
· Digariskan oleh Solon
· Merupakan negara demokrasi
· Kekuasaan tertinggi berada di tangan DPR (= Boule yang terdiri dari orang-orang yang bebas) yang bertugas menetapkan archon,meminta pertanggungjawab archon dan menghukum archon
· Pemerintahan tertinggi dipegang oleh 9 orang Archon ( sebagai pelaksana pemerintahan yang ditentukan secara undi )
· Archon berada dibawah pengawasan Areopagos ( dewan yang merangkap sebagai Mahkamh Agung ) yang anggotanya adalah mantan para Archon
· Bidang pertahanan keamanan dipegang oleh 10 orang siasat perang yang menguasai angkatan darat dan angkatan laut.Untuk menjaga kehidupan yang demokratis maka ada kebiasaan untuk mengasingkan atau mengucilkan seorang penguasa yang pada suatu tahap dalam pemerintahannya telah dicurigai berusaha menjadi penguasa mutlak yang dapat membahayakan negara.Tindakan pengucilan itu disebut ostrakisme berasal dari kata ostrakon yaitu pecahan tanah liat.Setiap penduduk dapat menuliskan nama tokoh yang dianggap berbahaya pada ostrakon.Ostrakon bermanfaat mengingatkan kita untuk selalu menjaga keseimbangan antara ambisi pribadi dengan kepentingan negara.
· Hak warga negara dijamin oleh negara
· Athena lebih memperhatiakn kemajuan seni,olahraga,ilmu pengetahuan dan filsafat sehingga banyak ahli filsafat dari Yunani disebabkan karena adanya kebebasan berpikir .
v Perang Persia dan Yunani disebabkan oleh :
· Yunani melindungi dan membantu koloni-koloni Yunani di Asia Barat yang dikuasai Persia
· Persia pernah menyerang Yunani sebanyak 3X
· Persia ingin menguasai Yunani dan Laut Tengah yang berdampak dalam bidang politik dan Ekonomi. Perang tersebut dimenangkan oleh Yunani sehingga
Ø Persia menghentikan sama sekali serangan terhadap Yunani
Ø polis-polis Yunani di Asia Barat dibebaskan dari kekuasaan Persia
Ø Athena berhasil membuktikan kepemimpinannya terhadap Yunani
Ø Dibentuknya ikatan kerjasama untuk memelihara armada laut yang kuat yang disebut dengan konfederasi Dellas dengan pusatnya di Dellas.
Ø Tahun 448 SM diadakan perjanjian antara Persia dan Yunani dan mereka sepakat untuk tidak saling menyerang.
v Masa kejayaan Athena 450-404 SM
Athena mencapai masa kejayaan :
· Pada masa pemerintahan Pericles
· Mengalami kemajuan pesat dalam segala bidang
· Menjadi cermin kehidupan dan kebanggaan bagi seluruh Yunani
· Hampir seluruh Yunani kecuali Sparta ada dibawah pengaruh Athena
v Masa akhir kejayaan Yunani.
Masa akhir kejayaan Athena diawali dengan peristiwa sebagai berikut :
· Persaiangan Sparta dan Athena /perang Peloponesos
Disebabkan karena polis Athena yang memimpin persekutuan polis-polis di Jazirah Attica yang disebut Liga Delos memiliki pengaruh yang terlalu kuat baik dibidang politik dan ekonomi Yunani sehingga banyak polis yang khawatir menjadi sasaran ekspansi dan dikuasai Sparta. Sehingga Sparta pemimpin Liga Peloponesos memimpin polis-polisnya menghadapi Athena.Pembentukan Liga Delos (=Athena yang kuat dalam AL) dan Liga Peloponesos(= Sparta yang kuat dalam AD) terjadi setelah perang Persia.Perang saudara ini berakhir dengan kemenangan Sparta (liga Peloponesos ) yang disebabkan oleh :
Ø Sparta menebangi pohon zaitun dan menghancurkan tanam lain untuk melumpuhkan ekonomi Athena
Ø Wabah penyakit akibat buruknya sanitasi sehingga menyebabkan kematian seperempat jumlah penduduk Athena termasuk Pericles
Ø Lemahnya kepemimpinan Athena aibat kematian Pericles
Ø Adanya bantuan Persia kepada Sparta
· Yunani dikuasai oleh Alexander Agung dari Macedonia/ runtuhnya Yunani dan munculnya Macedonia.
Perang Peloponesos mengakibatkan Yunani terpecah-pecah dan semakin lemah.Kelemahan Yunani digunakan sebaik-baiknya oleh Philipus (raja Macedonia) untuk menaklukan Yunani yang kemudian dilanjutkan oleh putranya Alexander Agung ( Iskandar Zulkarnaen) yang bercita-cita menguasai kerajaan dunia pada waktu itu yang meliputi Eropa (Yunani) Afrika (Mesir) dan Asia (Mesopotamia dan Persia).Untuk mewujudkan cita-citanya:
Ø Alexander Agung memimpin pasukannya melakukan berbagai penaklukan
Ø Menganjurkan prajuritnya untuk menikah dengan wanita di setiap daerah yang berhasil didudukinya
Ø Diwilayah yang telah ditaklukkan ia memadukan budaya setempat dengan budaya Yunani sehingga lahirlah budaya baru disebut Hellenisme
Ø Membangun kota-kota di wilayah kekuasaannya yang semuanya diberi nama Alexandria
Ø Mendirikan perpustakaan ditiap kota tersebut
Setelah Iskandar Zulkarnaen meninggal dunia maka wilayah kekuasaannya (kerajaan Iskandar Zulkarnaen) terpecah menjadi kerajaan-kerajaan kecil yang disebut dengan kerajaan Diadochos = kerajaan pengganti yang diperintahh oleh para Jenderal kepercayaan.
.Kerajaan-kerajaan tersebut adalah :
Ø Kerajaan Macedonia yang diperintah oleh Jenderal Antigonus
Ø Kerajaan Syria yang diperintah oleh jenderal Seuleucos
Ø Kerajaan Mesir yang diperintah oleh Jenderal Ptolomeus
v Filsafat-filsafat Yunani
Para filosuf Yunani dianggap sebagai konseptor yang meletakkan dasar-dasar alam pikiran seperti :
· Socrates : dengan ajarannya tentang ilmu kebijakan (filsafat etika) atau kesusilaan dengan logika sebagai dasar untuk membahas.
· Plato, dengan ajarannya mengenai ilmu ketatanegaraan dan Undang-undang .Ia juga berpendapat bahwa orang bisa berprilaku baik jika ia telah mempunyai persepsi perilaku apa yang baik dan jahat.Plato juga berpendapat bahwa sumber kekuasaan adalah ilmu pengetahuan .
· Aristoteles, dengan ajarannya dalam bidang biologi dan filsafat sehingga ia sering disebut sebagai ahli biologi dan filsafat.Ia juga mengembangkan ajaran tentang politik dan etika.
· Hipokrates, adalah seorang filosof yang ahli dalam bidang kedokteran.Ia dapat menyebutkan sebab timbulnya penyakit dan cara mengobatinya yang ditulis dalam buku yang berjudul Aprhorismen dan Prognose.Sumbangannya yang terkenal adalah sumpah / kode etik seorang dokter.
· Pythagoras, terkenal sebagai ahli matematika
· Thales, terkenal sebagai ahli matematika dan astronomi.Thales dikenal dengan perhitungannya tentang gerhana,menghitung ketinggian piramida dan menghitung bayangannya .Selain itu Thales berpendapat bahwa bumi ini berasal dari air.
· Herodotus, terkenal sebagai bapa sejarah
· Thucydides ,terkenal juga sebagai bapa sejarah
v Kepercayaan bersifat polyteisme ,menurut kepercayaan Yunani dewa-dewi itu tinggal di bukit Olymphus dibawah pimpinan dewa Zeus, dewa tertinggi.Pemujaan terhadap dewa Zeus dilakukan setiap empat tahun sekali ( yang sekarang kita kenal dengan nama Olympiade yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali).Pada masa ini merupakan masa perdamaian bagi semua polis yang ada di Yunani,sebab pada masa ini semua masyarakat dari Polis-polis yang ada di Yunani akan berkumpul di bukit Olymphus untuk melakukan upacara pemujaan kepada dewa Zeus dengan cara melakukan perlombaan ( atletik ) untuk menghormati dewa Zeus dan para pemenang akan mendapat kalungan bunga saja.Setelah sampai ke polis mereka baru mereka akan diberikan hadiah berupa sekantong emas dan akan disambut dengan meriah.
v Peninggalan budaya berupa :
· Seni bangunan dan seni pahat seperti kuil parthenon,kuil Erechtheum
· Seni sastra,pada umumnya ditulis untuk memuliakan para pahlawan yang telah gugur,penulis Yunani yang terkenal adalah Homerus denga karyanya kitab Illyas dan Odyssea.
· Filsafat, para filosuf Yunani
· Ilmu pengetahuan

1.3 PERADABAN ROMAWI

v Letak dan keadaan alam Romawi
Dearah awal kekuasaan kerajaan Romawi adalah daerah semenanjung Apenina atau Italia sekarang yang bentuknya seperti sepatu Lars. Perkembangan Romawi dipengaruhi oleh keadaan geografisnya yaitu : lokasinya strategis dikawasan laut tengah yang cocok untuk perdagangan,aman dari serbuan bangsa asing karena terlindung oleh alam.Di utara adalah pegunungan Alpen,di timur adalah laut Adriatik dan Laut Ionia,di selatan adalah laut Sicilia dan dibarat adalah laut Tirenia serta laut Liguri. Serta iklim yang nyaman dan tanah yang subur untuk kegiatan pertanian.
v Asal –usul bangsa Romawi
Bangsa Romawi merupakan percampuran darah antara penduduk asli dengan suku-suku kelana.(Etruska yang memiliki kelebihan dalam bidang kemiliteran )
v Administrasi dan pemerintahan
Menurut bentuknya pemerintahan Romawi dibagi atas tiga zaman yaitu :
Ø Zaman kerajaan (750-510 SM)
Kerajaan Romawi berasal dari sebuah kota yaitu kota Roma yang diapit oleh tujuh buah bukit ( Platine,Capitalone,Quirinalle,Aventine,Vinninal,Esqualine dan Caeline) dan menurut mitos didirikan oleh Remus dan Romulus yang pada mulanya merupakan negara kota/polis yang kecil (wilayahnya sempit). Pemerintahan dijalankan oleh seorang raja yang memegang kekuasaan tak terbatas yang merangkap sebagai panglima perang dan hakim tertinggi.Raja dibantu oleh dewan senat yang beranggotakan 300 orang yang terdiri dari kaum patricia (bangsawan) yang bertugas membuat undang-undang, di luar senat ada DPR ( comitia curiata).Kerajaan Roma ini berlangsung cukup lama tetapi tidak membawa kerajaan ini menjadi sebuah kerajaan besar.Akhirnya muncul tokoh-tokoh di kalangan bawah yang ingin mengembangkan ,memperluas dan mengubah bentuk kerajaan Romawi menjadi Republik Romawi.
Ø Zaman Republik (510-31 SM )
Pada mulany republik Romawi adalah republik kaum patricia dengan sistem pemerintahannya bersifat aritokrasi.Namun dalam waktu lima abad republik polis ini tumbuh menjadi sebuah imperium. Pada zaman republik Romawi :
· Timbulnya golongan proletar ( golongan yang hanya mempunyai anak,karena proler berarti anak).Hal ini karena untuk memperluas wilayah kekuasaannya,Republik Romawi memerangi daerah sekitarnya.Peperangan yang terus menerus menyebabkan tanah pertanian terbengkalai.Setelah peperangan berakhir tanah pertanian yang terbengkalai itu dijual dan pemiliknya pergi ke kota untuk mencari pekerjaan sehingga banyak yang menjadi gelandangan inilah yang disebut proletar.
· Senat memegang seluruh kekuasaan.Kekuasaan tertinggi di Imperium Romanum dipegang oleh senat yang berkuasa dalam bidang legislatif dan eksekutif.Tetapi lama-kelamaan fungsi senat telah berubah menjadi badan yang paling berkuasa diseluruh negara,hal ini kemudian ditentang oleh para panglima perang dengan membentuk Triumvirat /persekutuan tiga serangkai.Triumvirat I terdiri dari Gnaeus Pompeius, Marcus Crassus dan Yulius Caesar,persaingan antara ketiga tokoh ini dimenangkan oleh Yulius Caesar sehingga ia diangkat menjadi penguasa tunggal atas seluruh Romawi tetapi ia kemudian dibunuh oleh Brutus dan Cassius.Dengan kematian Yulius Caesar maka dibentuklah Triumvirat II yang terdiri dari Antonius,Lepidus dan Octavianus.Kemudian terjadi perselisihan diantara mereka dan dimenangkan oleh Octavianus.Dengan kemenangannya maka ia diangkat oleh senat menjadi kaisar pertama,dan senat memberi gelar Augustus ( yang artinya yang maha mulia).Nama Yulius Caesar diabadikan dalam nama salah satu bulan yaitu bulan Juli dan kata Caesar digunakan dalam ilmu kedokteran karena untuk mengenang kelahiran kaisar Yulius Caesar yang melalui operasi caesar.
Ø Kekaisaran Romawi (31 SM-476 M)
· Dengan kaisar pertama adalah kaisar Octavianus yang diberi gelar Augustus.Kaisar Octavianus diakui sebagai panglima tertinggi (imperator),kepala agama(pontifex Maximus),bahkan kemudian menganggap dirinya sebagai dewa.
· Octavianus diganti oleh kaisar Tiberius.Pada masa pemerintahaannya agama kristen mulai tersebar di Roma.
· Kaisar Nero, pada masa pemerintahannya penindasan dan pengejaran terhadap umat kristen mencapai puncaknya.
· Kaisar Vespasianus dengan anaknya Titus menyerbu kota Yerusalem ,membakar bait Allah dan mengusir bangsa Yahudi keluar dari Yerusalem/ Palestina.Sehingga kemudian muncullah istilah Zionisme
· Kaisar Konstanti Agung, pengejaran dan penyiksaan terhadap umat kristen dihentikan dengan dikeluarkannya Adict Milan.
· Kaisar Theodosius, pada masa pemerintahannya : agama kristen dijadikan sebagai agama negara. Ia juga membagi kekaisaran Romawi menjadi dua bagian yaitu :
@. Kekaisaran Romawi Barat dengan ibu kota Roma.Kekaisaran ini tidak bertahan lama karena terjadi serangan-serangan dari bangsa Hun atau bangsa Indo –German.Akhirnya pada tahun 476 M kaisar Odoaker dari Romawi Barat turun tahta maka berakhirnya kekaisaran Romawi Barat.
@. Kekaisaran Romawi Timur dengan ibu kota Konstantinopel (sekarang Istambul/Turki ).Kekaisaran Romawi Timur mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Kaisar Yustinianus dimana : kota Konstantinopel kota terkaya,terindah di dunia,ia juga meletakkan dasar-dasar hukum Romawi yang lebuh dikenal dengan nama corpus Iuris ( codex Yustinianus),terdapat gereja yang indah dan megah yaitu gereja Hagia Sophia ( kini menjadi masjid ).Akibat serangan dari bangsa Turki Osman maka runtuhlah kekaisaran Romawi .
v Ilmu pengetahuan dan teknologi
Sarjana-sarjana bangsa Romawi bukan hanya sebagai pencipta teori tetapi juga merupakan sarjana pelaksana dari teori yang diciptakan oleh orang-orang Yunani.( lihat buku paket hal 161-162 ).
v Kehidupan sosial dan ekonomi
Masyarakat Romawi terdiri dari golongan masyarakat bebas dan golongan budak.Kehidupan ekonomi masyarakat Romawi sudah sangat maju karena mereka sudah mengenal uang sebagai alat tukar dalam perdagangan.
v Kepercayaan
Bersifat animisme,kemudian muncul kepercayaan yang bersifat polytheisme dan sejak berkembangnya agama kristen maka masyarakat Romawi mulai memeluk agama kristendan pada tahun 380 M agama kristen dijadikan sebagai agama negara .
v Peninggalan budaya
Peninggalan budaya bangsa Romawi adalah :
@. Dalam bidang seni bangunan seperti : Coloseum dan Amphitheater (seperti stadion yang dapat menampung puluhan ribu penonton ),Pantheon ( rumah dewa orang-orag Romawi),Viaduct dan Aquaduct yang berfungsi sebagai saluran air,Limes atau rangkaian benteng yang panjang puluhan kilometer seperti tembok Hadrianus.
@. Seni sastra , kesusasteraan Romawi mengalami perkembangan pesat pada masa kekaisaran Octavianus dengan Maesenas sahabatnya.Hasil karya sastra yang terkenal adalah : Aeneas karya Virgilius,Metamorphose karya Ovidius dan De Bello Gallico karya Yulius Caesar, dan buku ini menjadi penuntun utama dalam mempelajari bahsa Latin.
@. Hukum , bangsa Romawi merupakan bangsa pertama yang berhasil menegakkan hukum.Hukum Romawi kemudian menjadi dasar hukum negara-negara di Eropa.Amerika,Asia dan Australia ( di dunia).
@. Organisasi , bangsa Romawi adalah organisator ulung yang nampak dalam : tentara Romawi yang tersusun rapi baik mengenai hirarki,persenjataan,perbekalan,maupun srama, dan bidang pemerintahan diatur denga rapi dari pusat sampai ke daerah .

PERADABAN KUNO AMERIKA

Peradaban kuno Amerika dapat diketahui melalui berbagai peninggalan kebudayaan dari bangsa Inka(Peru),Maya dan Aztek (Meksiko)
1. Keadaan alam Amerika
Benua Amerika terdiri dari bagian Utara,Tengah dan Selatan .Ketiga bagian itu diikat menjadi satu oleh rangkaian pegunungan tinggi yang menjulur dari utara ke selatan seperti Rocky Mountains,pegunungan Amerika Tengah dan pegunungan Andes.Dua pertiga dari benua Amerika terdiri atas dataran rendah.Benua Amerika diapit oleh dua samudera ( Pasifik dan Atlantik).
2. Penduduk
Penduduk asli yang mendiami benua Amerika pada masa lampau adalah suku-suku Indian yang diperkirakan berasal dari Asia yang sampai ke Amerika melalui Selat Bhering.Suku-suku Indian itu sudah mengenal kebudayaan yang tinggi seperti suku Maya dan Aztek sudah mampu membuat piramida atau kuil-kuil dan kebiasaan untuk mengawetkan mayat.Sedangkan kebudayaan suku Inka juga mirip seperti kedua suku tersebut tetapi mereka tidak membuat piramidi,mereka membuat istana-istana yang megah juga memilki kebiasaan mengawetkan mayat.
3. Kerajaan-kerajaan kuno Amerika
v Kerajaan Inka di Peru
· Seni bangunan , jauh tinggi di Pegunungan Andes,suku Inka mendirikan suatu kota yang merupakan karya teknik yang paling menakjubkan di seluruh Amerika kuno yaitu kota dongeng Machu Picchu yag bertengger mengangkangi punggung gunung yang sempit diantara dua puncak menjulang pada ketinggian 600 meter diatas lembah sungai Urubamba.Kota Machu Picchu ditinggalkan penghuninya pada suatu waktu sesudah masa penaklukan Spanyol/ ketika Spanyol menyerbu Amerika kota ini diduduki karena letak kota ini sangat strategis dan aman sebagai tempat/benteng pertahanan Spanyol untuk menguasai Amerika .Dan pada tahun 1911,kota itu baru terungkap kembali berkat penelitian arkeolog Amerika Serikat bernama Hiram Bingham.
· Pertanian, penduduknya bekerjasama dan mejaga perdamaian yang dapat dilihat pada pembangunan sistem pengairan yang baik yang dikerjakan bersama-sama.
· Kepercayaan , bersifat polyteisme dan dewa matahari sangat besar pengaruhnya dalam masyarakat Inka karena mereka percaya bahwa matahariah yang menurunkan keluarga raja Inka = anak-anak matahari.
v Kerajaan Maya dan Aztek
· Seni bangunan , bangsa Maya dan Aztek membangun monumen,mendirikan kota batu megah,kuil-kuil juga piramida ( piramida Castillo dan Piramida Matahari ) yang memiliki tingkat peradaban yang tinggi dengan arsitektur paling beranekaragam dan paling maju dalam sejarah.
· Pertanian , masyarakat Amerika Tengah hidup bertani mereka mengolah ladang-ladang dengan tangan yang tidak memberikan hasil yang baik,sehingga mereka membuat terusan pengairan untuk mengatur aliran air sungai dan meningkatkan produksi mereka karena petani dapat menanam dua kali bahkan lebih dalam setahun.Tanaman jagung dianggap suci dan mereka menyebut jagung dengan “ Paduka Tuanku “.
· Kepercayaan , bersifat polyteisme upacara dan pemujaan yang bersahaja tanpa terasa meningkat ke praktek agama yang lebih keras seperti upacara korban manusia kepada matahari .Mereka percaya bahwa matahari setiap hari bertempur melawan malam untuk menentukan kelangsungan hidup dunia sehingga matahari harus makan jantung dan darah manusia .
Sekian postingannya silakan yang mau berdiskusi dan sampai jumpa di postingan berikutnya.



































































































































































0 Response to "PERADABAN KUNO EROPA DAN AMERIKA"

Post a Comment

wajib meninggalkan komentar yang positif....thanls sudah mengunjungi blog kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...