Materi Perpecahan Cekoslowakia | Sejarah Peminatan XII


Materi Perpecahan Cekoslowakia | Sejarah Peminatan XII


Pada 1 Januari 1993, Republik Sosialis Cekoslowakia pecah menjadi dua negara yang merdeka dan berdaulat, yaitu Republik Ceko dan Republik Slowakia. Untuk memahami alasan pecahnya Republik Sosialis Cekoslowakia, kita perlu mengetahui sejarah awal negeri ini yang membentuk benih-benih separatisme. Hal ini senantiasa menjadi sebuah bom waktu atau api dalam sekam. Selanjutnya, kita juga perlu mengetahui dinamika politik da nekonomi (terutama faktor kesenjangan ekonomi) yang terjadi pada masa kekuasaan komunisme di Cekoslowakia. Hal ini mencakup dua peristiwa penting, yakni Prague Spring atau Musim Semi Praha dan Velvet Revolution atau Revolusi Beludru.
1. Sejarah
Bangsa Ceko (fail Slowakia pernah dipimpin oleh seorang saudagar asal Kekaisaran Franken yang bernama Samo pada abad VII. Sebagai pemimpin, Samo berjuang untuk melawan invasi bangsa Turki yang datang dari Asia Tengah. Sepeninggal Samo, bangsa Ceko dan Slowakia kembali tercerai-berai. Pada 833 M, seorang kesatria bernama Mojmir berhasil menyatukan mereka dan membentuk negara besar bernama Moravia Raya. Pada 900 M, suku Magyar dari Asia Tengah menguasai Moravia Raya. Sejak saat itulah, bagian timur laut Moravia Raya, Felvidek, yang dihuni oleh bangsa Slowakia dikuasai oleh suku Magyar selama berabad-abad. Sementara itu, bangsa Ceko berhasil bertahan dan membentuk
Kerajaan Bohemia.
Sejak abad X, Ceko menjadi negara bagian dari Kekaisaran Romawi Suci (berpusat di Jerman), yang dikuasai oleh berbagai dinasci dari Dinasti Luksemburg sampai Dinasti Habsburg. Secara budaya, Ceko (Bohemia) dipengaruhi oleh budaya Jerman, sedangkan bangsa Slowakia dipengaruhi oleh budaya Magyar. Masing-masing membentuk identicasnya sendiri.
Pada awal abad XVI, wilayah Felvidek sempat dikuasai oleh
penguasa Turki Utsmani (Ottoman) di bawah Sulaiman I. Namun, pada sekitar 1529, Kekaisaran Austria-Hungaria dari Dinasti Habsburg mendep ak Turki Utsmani dari wilayah Felvidek danmenguasai Ceko dan Slowakia.

Tomas Garrigue Masaryk , presiden pertama Cekoslowakia.
Menjelang berakhirnya Perang Dunia I (1914— 1918), Kekaisaran Austro-Hungaria runtuh. Hal ini membuka jalan bagi terbentuknya negara Cekoslowakia. Untuk mewujudkan hal tersebut, tokoh Cekoslowakia, Tomas Garrigue Masaryk (kelak menjadi presiden pertama Cekoslowakia), beserta para utusan bangsa Ceko dan bangsa Slowakia menghadiri pertemuan di Pittsburg, Pennsylvania, Amerika Serikat. Pertemuan tersebut menghasilkan Nota Kesepahaman Pittsburgh pada 31 Mei 1918. Isinya menyetujui pembentukan sebuah negara federal yang terdiri atas dua negara bagian, yaitu Republik Ceko dan Republik Slowakia. Selanjutnya, pada 18 Oktober 1918, Tomas Garrigue Masaryk, mengumumkan kemerdekaan Cekoslowakia. Masaryk terpilih sebagai presiden pertama Cekoslowakia pada 14 November 1918. Selanjutnya, pada masa pemerintahan Presiden Edvard Benes (1939-2 April 1945 dan 1945-1948), bentuk negara federal dibubarkan dan digantikan dengan bentuk negara kesatuan.
Pada Maret 1939, pasukan Nazi Jerman menguasai Cekoslowakia. Adolf Hitler, menganeksasi wilayah Ceko menjadi wilayah kekuasaan Jerman. Adapun Slowakia dijadikan negara boneka
BACA SELENGKAPNYA》》》

No comments for "Materi Perpecahan Cekoslowakia | Sejarah Peminatan XII"