Ringkasan singkat tentang renainsance meliputi pengertian, latarbelakang dan dampaknya


Halo salam Jasmerah...jumpah lagi di postingan duniasejarah25 kali ini saya akan menyajikan materi Pengertian latarbelakang dampak renainsance langsung saja silakan dicermati materi yang di sajikan dibawah ini tentang Pengertian latarbelakang dampak renainsance kalau ada yang kurang silahkan coment dibawah...😃😃😀

Pengertian latarbelakang dampak renainsance

Apa pengrtiannya


Istilah renaisance berasal dari bahasa Latin "renaitre" berarti yang "hidup kembali" atau "lahir kembali". Pengertian Renaisance adalah menyangkut kelahiran atau hidupnya kembali kebudayaan klasik Yunani dan Romawi dalam kehidupan masyarakat Barat. 
Jadi kesimpulannya
Dalam pengertian yang lebih spesifik, renaisance diartikan sebagai suatu periode sejarah di manaperkembangan kebudayaan Barat memasuki periode baru dalam semua aspek kehidupan manusia, seperti ilmu-ilmu pengetahuan, teknologi, seni dalam semua cabang, perkembangan sistem kepercayaan, perkembangan sist em politik, institusional, bentuk-bentuk sistem kepercayaan yang baru, dan lain-lain.

Latar Belakang Munculnya Renaisance
1. dominasi gereja dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat baik itu bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya
2. Adanya pembatasan Kebebasan dalam berpikir yang sangat dikekang. Hal ini disebabkan karena doktrin yang menyatakan bahwa menyelidiki alam sama halnya menyelidiki kekuasaan Tuhan yang dianggap dosa.
3.  Kehidupan sosial masyarakat Eropa yang tidak lagi mau terbelenggu oleh ikatan gereja yang mengedepankan surgawi (Scholastik). Mereka memalingkan diri dari kehidupan akhirat kepada keduniaan sehingga pengaruh gereja merosot. Kehidupan materialistis semakin berkembang mendesak kehidupan keagamaan.
4. Masyarakat berlomba-lomba memasuki kawasan kota dagang dan kota industri, menjadi buruh dengan tujuan berusaha merubah kehidupan ekonomi ke arah yang lebih baik. Petani-petani yang pada Abad Pertengahan setia mengerjakan tanah para bangswan feodal, kini hilang berganti dengan golongan masyarakat baru yang disebut buruh pabrik.
5. Berkembangnya faham Rasionalisme yang mengutamakan kebenaran akal dan pikiran. Kehidupan. Rasionalisme atau gerakan rasionalis adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, daripada melalui iman, dogma, atau ajaran agama
6. Munculnya raja-raja yang menginginkan kekuasaan yang bebas dari pengaruh gereja seperti Raja Philippe IV (Perancis) dan Raja Henry VIII (Inggris)
7. Munculnya kaum borjuis sebagai kelompok baru yang kaya dan mampu menyaingi kaum bangsawan. Kelompok borjuis yang menguasai perdagangan tidak suka pada kelompok bangsawan dan gereja, sehingga hanya mau membayar pajak kepada raja. Akhirnya raja kembali memegang kekuasaan politik tertinggi yang ditaati perintahnya oleh seluruh lapisan masyarakat.
8. Naskah-naskah ilmu pengetahuan Yunani dan Romawi Kuno dijumpai kembali oleh masyarakat Barat, dibawa oleh ilmuwan yang lari dari Konstantinopel ke Italia setelah Konstantinopel jatuh ke tangan Turki.
9. Timbulnya kota-kota dagang yang makmur akibat perdagangan mengubah perasaan pesimistis (zaman Abad Pertengahan) menjadi optimistis. 

Pendapat para ahi  tentang renainsance


 Secara historis, renaisance adalah suatu gerakan yang meliputi suatu zaman ketika seseorang merasa dirinya telah dilahirkan kembali dalam suatu peradaban. Di dalam proses kelahiran kembali tersebut, seseorang kembali pada sumber-sumber murni bagi pengetahuan dan keindahan. 

Pemakaian kata renaisance pertama kali dikemukakan oleh Jules Michelet, seorang sejarawan Prancis yang lahir di abad ke-18 dan mulai terkenal di dunia Barat pada abad ke-19 karena karyanya yang berjudul History of France yang menekankan bahwa masa romatik Abad Pertengahan bukanlah sama sekali tidak berguna bagi perkembangan kebudayaan Barat.

Sumber tulisan atau media

Di dalam buku History of France itulah terdapat kata Renaisance yang digunakan untuk menyebutkan zaman setelah Abad Pertengahan. Menurut Jules Michelet, Ab ad Pertengahan ditandai oleh faktor dogmatis, sedangkan manusia renaisance ditandai oleh faktor humanis. Setelah Jules Michelet menggunakan kata Renaisance dalam tulisannya, selanjutnya dipopulerkan oleh penulis -penulis Eropa lainnya, sepertiJacob Burckhardt, dengan buku berjudul The Civilization of the Renaisance in Italy. Renaisance mempunyai arti penting dalam sejarah kebudayaan Barat. Renaisance adalah masa kekuasaan, kesadaran, keberanian, kepandaian yang luar biasa, serta kebebasan dan seringkali semua itu tidak ada batasnya.

Landasan lahirnya gerakan renainsance

Dizaman renaisance, manusia hidup bebas dalam menentukan corak hidupnya dan tidak lagi terikat oleh doktrin gereja. Pengaruh renaisance semakin lama semakin meresap di berbagai bidang hidup sehingga bertambah banyak orang, teristimewa dari golongan cendekiawan, mulai melepaskan diri dari kuasa Firman Tuhan. Ilmu pengetahuan dan kebudayaan umum mulai memisahkan diri dari ajaran dan dogma agama Kristen. Terutama ilmu alam yang berdasarkan ilmu pasti, mulai bertentangan dengan pandangan Gereja yang sampai masa itu diajarkan dan dipercaya sebagai kebenaran ilahi.

Apa Kemajuan pada Masa Renaisance 

Pada masa renaisance, terdapat tiga macam aktivitas yang dapat dianggap sebagai kemajuan pada masa itu.

a. Humanisme
Humanis adalah orang-orang yang mempunyai perhatian besar untuk mengumpulkan naskah-naskah (manuscript) Yunani dan Latin Kuno. Dengan mempelajari naskah-naskah itu, mereka mengembangkan suatu sistem pemikiran yang didominasi oleh perhatian dan perkembangan manusia sebagai individu. Kelahiran kembali Seni, Kesusastraan, Arsitektur, Seni

b.Lukis, dan Seni Pahat
Pada masa renaisance, lahirlah berbagai nama seniman dengan karya-karyanya. Di antara merek terkenal yang ialah Leonardo da Vinci (1452-1519), Lucas Cranach (1472-1553), Michaelangelo (1475-1564), Perugino (1446-1526), Raphael (1483-1520), Sandro Botticelli (1444-1510), Tiziano Vecelli (1477-1526).
c. Timbulnya kembali Perhatian terhadap Geografi,
Eksplorasi, dan llmu Pengetahuan Alam Berikut ini beberapa tokoh yang terkenal dalam pengembangannya terhadap ilmu pengetahuan. Tokoh-tokohnya dalam pengembangan ilmu pengetahuan, yaitu Johann Gutenberg (1400-1468), Nicolaus Copernicus (1478-1543), Andreas Vesalius (1514-1564), William Gilbert (1540-1603), Galileo Galilei (1546-1642), Johannes Kepler (1571-1642). Di Italia, gerakan renaisance dilindungi oleh para Paus, antara lain Paus Julius II (1443-1513) dan Paus Leo X (1475-1521). Para Paus itu memberikan dukungan kepada para sarjana dan seniman untuk mengembangkan berbagai karya ilmiah dan seninya.


Bagaimana Dampak positifnya:
1. Kebebasan berpikir
2. Kesenian berkembang secara bebas
3. Renaissance telah membentuk masyarakat perdagangan yang berdaya maju.
4. Tumbuhnya kebebasan, kemerdekaan, dan kemandirian individu
5. Renaissance telah melahirkan tokoh-tokoh perubahan di Eropa. Antara lain tokoh perubahan terkenal itu adalah William Harvey yang telah memberi sumbangan dalam kajian peredaran darah. Renaissance telah melahirkan masyarakat yang lebih progresif dan wujud semangat mandiri sehingga membawa kepada aktivitis penjelajahan dan kemajuan
6. Mendorong pencarian daerah baru sehingga terjadi penjelajahan samudera.
7. Adanya reformasi gereja.

Bagaimankah Dampak negatif yang ditimbulkan akibat adanya Renaisance 
1. Berkembangnya nudism yaitu paham yang mengabaikan rasa malu seperti cara berpakaian dan cara pergaulan.
2. Munculnya suatu isu yang di sebut Kontroversi Ikonoklastik  yang berisi bahwa apakah imaji-imaji tentang Tuhan,Kristus, dan sang perawan Maria serta orang-orang suci  baik dalam bentuk gambar maupun patung boleh dipergunakan di dalam misa atau tidak.kontroversi ini mengundang persoalan lama yaitu tentang kebebasan agama yang terpisah dan bebas dari organisasi politik.
3. Pada masa ini selain terjadi kebobrokan moral. Hal ini dikarenakan tidak adanya suatu norma yang bisa mengatur kehidupan masyarakat. Sehingga bisa dikatakan bahwa manusia renaissance merupakan manusia yang tidak mempunyai pegangan (liar). Keliaran ini mengakibatkan terjadinya pelanggaran terhadap norma sehingga manusia mengalami krisis aklak seperti mabuk-mabukan dll. Hal ini tidak hanya terjadi di kalangan borjuis tetapi juga dikalangan pendeta.

 Sekian postingan tentang Pengertian latarbelakang dampak renainsance silakan yang mau berdiskusi dan sampai jumpa di postingan berikutnya.😃😀😉😃

0 Response to "Ringkasan singkat tentang renainsance meliputi pengertian, latarbelakang dan dampaknya"

Post a Comment

wajib meninggalkan komentar yang positif....thanls sudah mengunjungi blog kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel