Ringkasan merkantilisme terlengkap meliputi pengertian tujuan latar belakang serta dampaknya


Halo salam Jasmerah...jumpah lagi di postingan duniasejarah25 kali ini saya akan membagikan pengertian merkantilisme tujuan latarbelakang serta dampaknya okey..langsung saja silakan dicermati materi pengertian merkantilisme tujuan latarbelakang serta dampaknya.... kalau ada yang kurang silahkan coment dibawah...😃😃😀

pengertian merkantilisme tujuan latarbelakang serta dampaknya 
Apa pengertiannya


Merkantilisme adalah suatu politik ekonomi bertujuan mengumpulkan sebanyak-banyaknya kekayaan logam mulia. 

Merkantilisme berkembang di negara negara Eropa Barat pada abad 16-18 M. Politik ekonomi ini dipelopori oleh Jean Thomas Mun Sir Stuart dari Inggris, Jean Baptiste Colbert dari Prancis, dan Antonio Serra dari Italia.

Apa latarbelakang munculnya merkantilisme

1. Tumbuhnya perdagangan dan pelayaran dari benua Eropa dengan benua lain
2. Keinginan bangsa Eropa untuk mengumpulkan kekayaan dan keuntungan sebesar-besarnya
3. Timbulnya persaingan dagang antara negara-negara Eropa

Masih kurang ya.....nih...tambah lagi dampaknya

  • Munculnya Negara-negara merdeka di Eropa (Inggris, Perancis, Jerman, Italia, dan Belanda)
  • Negara tersebut ingin mempertahankan kedaulatan, kebebasan, dan kesejahteraan rakyatnya.
  • Diperlukan kondisi perekonomian yang kuat agar tetap mampu bertahan.
  • Ditetapkan logam mulia sebagai standart ukuran kekayaan suatu Negara.
  • Dibuka jaringan perdagangan, diadakan pelayaran serta eksplorasi ke wilayah-wilayah baru.
Kondisi ketika pada waktu itu 

Pada waktu itu, logam mulia dijadikan sebagai ukuran kekayaan dan kolonialis negara yang Semakin banyak logam mulia yang dimiliki oleh suatu kekuasaan negara. negara, semakin kaya dan semakin berkuasa negara tersebut. 

Apa yang terjadi


Mereka percaya bahwa dengan kekayaan yang melimpah maka kesejahteraan akan meningkat dan kekuasaan semakin mudah didapatkan. 

Negara yang menerapkan Merkantilisme

Salah satu negara yang menerapkan sistem ekonomi merkantilisme adalah Inggris raya Belanda, Inggris, Prancis, dan Jerman

Apa yang terjadi kalau bangsa eropa menerapkan merkantilisme di negaranya

mereka saling berlomba untuk mendapatkan daerah jajahan dan (emas) untuk berbagai kepentingan, seperti industri, perdagangan, pertanian serta ekspor dan impor.

Maka apa yang terjadi ketika Merkantilisme diterapkan

Politik merkantilisme tidak hanya menjadikan logam sebagai sumber kemakmuran, tetapi juga untuk menukarkan barang dengan emas batangan. Hal itu menyebabkan arus masuk emas ke Eropa meningkat tajam. Selain itu, politik merkantili sme mendorong bangsa-bangsa Eropa Barat melakukan penjelajahan dan menjalin hubungan perdagangan dengan Dunia Timur yang kaya akan sumber daya alamnya. Sejak saat itu, penjelajahan samudra bangsa-bangsa Eropa Barat dibiayai oleh pemerintahnya. Bangsa-bangsa Eropa Barat, seperti Inggris, Prancis, Belanda, dan Spanyol bersaing untuk mendapatkan barang-barang berharga. 
Mereka kemudian melakukan eksploitasi besar-besaran terhadap daerah lain yang ditemuinya. Banyak daerah yang menjadi sasaran bangsa-bangsa Eropa Barat, seperti daerah-daerah di Benua Amerika yang di dalamnya terdapat Kerajaan Inca, Maya, dan Astec. Di daerah-daerah itu orang-orang Inggris, Prancis, Belanda, dan Spanyol melakukan eksploitasi untuk mendapatkan emas sebanyak-banyaknya.
 Politik merkantili sme kemudian mendorong terbentuknya persekutuan dagang atau kongsi-kongsi perdagangan, misalnya, EIC (kongsi perdagangan Inggris di Asia) dan VOC (kongsi perdagangan Belanda di Indonesia). Dalam perkembangannya, politik ekonomi merkantilisme ini mendorong perebutan daerah koloni, yang kemudian dijadikan sebagai daerah jajahan. Penjelajahan samudra orang-orang Eropa Barat akhirnya sampai di Kepulauan Indonesia yang kaya akan rempah-rempah, seperti lada, cengkih, pala, dan fuli (bunga pala). Bagi bangsa-bangsa Eropa, rempah-rempah merupakan barang komoditas yang sangat laku di pasaran Eropa. Mereka menukar bahan komoditas tersebut dengan barang-barang hasil industri Eropa yang dibutuhkan penduduk Indonesia. Selanjutnya, untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, mereka memonopoli perdagangan rempah-rempah di Indonesia. Mereka juga melakukan

keadaan indonesia dengan adanya politik merkantilisme

penguasaan daerah yang dikenal dengan penjajahan atau kolonialisme di Indonesia. Penduduk daerah jajahan dipaksa menghasilkan bahan mentah untuk industri dan membeli hasil industri negara induk serta mengumpulkan kekayaan berupa logam mulia berlipat ganda.
Maka kesimpulan untuk dampak  dari Merkantilisme

1. Dengan diketahuinya jalur pelayaran dan perdagangan di Samudra Atlantik maka hubungan luar negeri di antara negara-negara Eropa Barat menjadi semakin terbuka.
2. Melalui hubungan perdagangan, negara-negara Eropa Barat mendapat keuntungan yang memberikan kekuatan yang besar bagi negara kolonialis dalam rangka memperoleh kekayaan yang sebanyak-banyaknya. 
3. Di negara yang menganut merkantili sme, nilai uang disamakan dengan emas sehingga mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan emas. 
4. kolonialisme dan imperialisme dimana negara-negara Eropa mendirikan wilayah jajahan di berbagai penjuru dunia. 
5.  Koloni atau wilayah jajahan ini didirikan untuk mensuplai negara Eropa dengan komoditas dagang, yang kemudian bisa diekspor untuk memberi keuntungan dagang yang besar.
6. Keinginan untuk mendapatkan keuntungan dagang ini membuat negara-negara di Eropa mendirikan perusahaan dagang, untuk memonopoli jalur perdagangan. 

Contohnya apa

Contohnya Inggris mendirikan EIC (East India Company) untuk memonopoli perdagangan di India pada 31 Desember 1600, dan Belanda mendirikan VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie, Perusahaan dagang Hindia Belanda) pada 20 Maret 1602
7. Bangsa penjajah melakukan eksploitasi besar-besaran terhadap daerah lain yang ditemuinya.


 Sekian postingan pengertian merkantilisme tujuan latarbelakang serta dampaknya  silakan yang mau berdiskusi dan sampai jumpa di postingan berikutnya.😃😀😉😃

0 Response to "Ringkasan merkantilisme terlengkap meliputi pengertian tujuan latar belakang serta dampaknya"

Post a Comment

wajib meninggalkan komentar yang positif....thanls sudah mengunjungi blog kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel